Selasa, 05 November 2019

Panduan Super Komplet Pilih Sepatu Lari



Bingung Pilih Sepatu Running
Bismillah…
Bagaimana berita Kamu ini hari ? Mudah-mudahan tetap dalam lindungan-Nya Jadi ceritanya artikel ini berawal dari rasa ingin tahu saya pada kata “ideal” yang ada di satu sepatu running. Seperti apa sebetulnya sepatu running yang baik itu?
Sebelum membahasnya butuh Kamu tahu jika biasanya untuk pelari pemula terkadang tidak mengutamakan type sepatu yang digunakan. Jadi contoh, memang Kamu cuma lakukan lari beberapa km. serta Kamu berpikir mengapa tidak menggunakan sepatu “futsal” yang fashionable. Dalam periode pendek pertimbangan itu memang memberikan keuntungan, tetapi bila dikerjakan terus-terusan bisa berlangsung cidera pada kaki Kamu. Oleh karena itu pada artikel kesempatan ini saya beri panduan dalam pilih sepatu running yang betul-betul baik serta nyaman untuk Kamu, sebab kecocokan sepatu serta penentuan sepatu lari yang baik dengan kaki Kamu tidak cuma berdasar dari warna serta motifnya saja. Ada banyak unsur yang dapat membuat sepatu itu jadi “ideal”, yang dalam artikel ini saya membaginya dalam 3 unsur, yang pada dasarnya sebagai wakil beberapa unsur itu, salah satunya unsur kaki, sepatu, serta terkahir unsur external. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

1. Kaki
a. Type kaki
Sebelum beli kenali kaki Kamu. Ada tiga type kaki yang butuh Kamu tahu serta mengerti :
Kaki datar (Flat Feet)
Kaki Datar (Pronator Foot)
Kamu akan tahu Kamu mempunyai kaki datar bila Kamu tidak lihat lengkungan apa pun. Sisi bawah kaki Kamu, dari jari-jari kaki ke tumit, betul-betul datar. Bila Kamu lakukan tes jejak, cetakan Kamu akan kelihatan seperti gumpalan kaki yang berupa penuh. Kamu tidak temukan lengkungan kosong dari jempol kaki Kamu ke tumit. Bila kaki Kamu datar, Kamu kemungkinan ialah satu orang pelari overpronator, yang bermakna jika kaki Kamu menggulung ke saat Kamu sedang lari. Kamu kemungkinan memerlukan sepatu lari yang bisa menjaga kestabilan Kamu. Cari beberapa kata “motion control” serta “stability” di kotak sepatu lari. Tidak hanya sepatu motion control, beberapa pelari dengan kaki datar butuh menggunakan orthotics (alas kaki yang dibikin berdasar cetakan bentuk kaki semasing individu untuk mengoreksi permasalahan yang terkait dengan kaki).
Kaki tinggi melengkung (High-arched Feet)
supinator-foot-[andriarto.website.uns.ac.id]
Kaki Melengkung (Supinator Foot)
Bila Kamu lakukan tes jejak, bikin kaki Kamu akan kelihatan melengkung ke, membuat sisi tengah kaki Kamu kelihatan benar-benar kurus. Saat Kamu menggerakkan tangan Kamu di bagian bawah kaki Kamu, sisi lengkung itu akan kaku. Bila Kamu mempunyai lengkungan tinggi, peluang Kamu ialah satu orang yang lari dengan supinate atau underpronate, yang bermakna kaki Kamu menggulung keluar saat Kamu lari. Ini penting untuk pelari dengan lengkungan tinggi, supaya dengan periodik mengukur kakinya, sebab lari akan mengakibatkan lengkungan mereka dengan setahap akan jatuh serta membuat kaki mereka lebih panjang . Kamu butuh cari sepatu lari yang fleksibel dengan midsole lembut yang menyerap shock. Saat beli sepatu lari, pilih sepatu yang saat diterangkan memiliki kandungan beberapa kata “fleksibel” atau “empuk”.

Netral atau Kaki yang Normal (Neutral/Normal Feet)
Bila Kamu sudah mengecek kaki atau jejak Kamu serta cetakan kaki tidak memberikan bentuk yang penuh atau lengkungan kosong yang tinggi, kemungkinan Kamu mempunyai kaki netral atau normal. Jejak Kamu akan mempunyai lengkungan kosong, tetapi tidak kurang dari 2 cm.. Sepanjang Kamu pilih sepatu lari yang tidak bersimpangan dengan type kaki Kamu, Kamu tidak mendapat masalah. Ini ialah type yang paling umum dari semua bentuk kaki serta paling aman dari luka sepanjang Kamu kenakan sepatu yang pas. Bila Kamu mempunyai kaki normal, Kamu bisa pilih beberapa jenis type sepatu lari, terhitung yang dibikin untuk pelari dengan kaki yang sedikit datar atau melengkung. Tetapi jauhi pilih sepatu lari yang mempunyai suport stability atau motion control yang begitu tinggi.
b. Ukuran kaki
Yakinkan Kamu tahu lebar serta panjang kaki Kamu. Sebab dengan ini akan mempermudah Kamu untuk cari sepatu lari yang pas untuk Kamu gunakan. Perlu untuk diketahui jika saat Kamu lari, kaki-kaki Kamu memerlukan ruangan bergerak sekurang-kurangnya 1/2 cm.. Karenanya yakinkan lebar kaki Kamu hingga sepatu yang Kamu akan beli tidak sempit atau cocok. Nah untuk mempermudah Kamu dalam mengukur kaki supaya memperoleh ukuran sepatu yang cocok, karena itu saya beri panduan mengukurnya.

Basahi kaki Kamu lalu tapakkan/injakkan pada permukaan yang datar serta kering (juga bisa pada kertas berwarna cerah supaya bentuk tapak kaki kelihatan jelas). Kemudian ukur panjang kaki Kamu dari mulai ujung jari kaki sampai ujung belakang tumit memakai penggaris. Tulislah hasilnya serta cocokkan dengan tabel yang ada di gambar dibawah (saya mengambil sample merek Adidas, untuk tabel merek lain dapat Kamu lihat sedetailnya di halaman ini).

Tabel Alterasi Ukuran Sepatu
2. Sepatu
a. Bahan peredam : Saat kaki Kamu mencapai permukaan saat lari, sebetulnya dibuat tegangan impuls yang lumayan besar pada kaki. Bila ini berlangsung terus-terusan bisa menyebabkan luka tanpa ada Kamu sadari. Makin cepat Kamu lari karena itu makin besar tegangannya. Oleh karenanya pilih lah sepatu yang mempunyai peredam impuls.

b. Berat : Makin mudah sepatu yang Kamu pakai, karena itu semakin cepat Kamu bisa lari. Tapi dalam memandang berat sepatu baik harus diukur dari berapakah jarak yang akan ditempuh. Umumnya sepatu mudah pas untuk jarak dekat seputar 5km. Untuk yang jarak menengah lebih baik pilih yang tidak begitu mudah.

c. Kelenturan : Sepatu punyai karakter yang menyerap daya gerak dalam besaran tersendiri. Waktu kaki mengambil langkah ke belakang, karena itu sepatu akan menekuk. Bila kurang lentur bisa banyak daya gerak yang terserap, hingga perlambat lari Kamu. Tes kelenturan sepatu dengan menekuknya, makin kuat sepatu menghentak balik karena itu makin lentur.

d. Ventilasi : Suhu dalam sepatu terkadang ada di atas batas normal sebab kegiatan serta tanggungan beban pada kaki. Bila suhu begitu panas akan menyebabkan tidak nyaman pada kaki Kamu. Pilih sepatu dengan ventilasi yang baik supaya tidak mengganggu perform lari Kamu.

e. Rongga dalam sepatu : Dasar berikut mungkin dapat menolong dalam memastikan cocok tidaknya sepatu yang Kamu gunakan:

Check adakah cukup ruang di atas ujung jari kaki dalam sepatu Kamu. Masukan ibu jari ke ujung sepatu serta harus cocok ada di atas jari kaki yang terpanjang.
Check adakah cukup ruangan di kiri-kanan kaki Kamu. Sepatu tidak bisa ketat, tetapi kaki Kamu pun tidak bisa terpeleset ke sana-kemari.
Tumit Kamu harus nyaman ada dibagian belakang sepatu serta tidak bisa tergelincir naik-turun saat berjalan atau lari.
Sepatu harus menggenggam kaki dengan aman, tapi tidak bisa mendesak dengan ketat pada wilayah kaki mana juga.
3. External
Datangi Toko Sepatu Yang Profesional
Banyak sekali toko sepatu bersebaran di luar sana. Tetapi butuh Kamu tahu jika cuma sedikit toko sepatu yang mempunyai karyawan yang profesional. Karyawan yang profesional tidak hanya dapat layani Kamu secara baik, dapat memberi pendapat serta input dalam pilih sepatu, diluar itu dapat menganalisa bagaimana type kaki Kamu serta akan mendapatkan rujukan yang bermanfaat untuk Kamu gunakan jadi input sebelum memastikan sepatu lari yang betul-betul pas untuk Kamu.

Pikirkan Susunan Tanah
Banyak sepatu lari sekarang mempunyai keunggulan semasing pada keadaan lapangan beberapa pelari. Sebelum beli tentunya Kamu akan tahu akan lari dimana. Apa strukturnya rata atau berbatu-batu? Itu akan mempermudah Kamu lebih jauh kembali dalam pilih sepatu lari.

Tetapkan Sejauh Mana Kamu Akan Lari Tahun Ini
Kamu sendiri yang akan memastikan sebegitu seringkali serta berapakah jarak yang akan Kamu menempuh sepanjang satu tahun pertama. Apa marathon, atau lomba lari 5km, 10km, 21km, atau cuma ingin olahraga lari biasa saja bersama dengan kerabat atau komune. Ini akan membuat Kamu lebih gampang untuk beli satu sepatu lari yang betul-betul Kamu perlukan.

Lari Kecil
Waktu Kamu pada akhirnya temukan sepatu lari, yakinkan Kamu coba dengan lari kecil. Jangan pernah ada ketidaknyamanan saat Kamu coba sepatu lari itu. Sebab sedikit saja tidak nyaman, akan mengganggu waktu lari selama jarak yang Kamu menempuh. Jadi yakinkan betul-betul nyaman.

Jangan Lapar Mata
Ini adalah hal yang sangat penting. Sebab kadang nafsu Kamu akan mode sepatu jadikan Kamu jauh dari keperluan. Pada akhirnya sepatu lari yang Kamu beli cuma berdasar fashion saja bukan manfaat. Berhati-hati ini dapat jadikan kaki Kamu menanggung derita jika tidak cocok.

Waktu Pembelian
Belilah sepatu pada sore / malam hari, pada sore / malam hari kaki condong jadi membesar serta kadang ada ketidaksamaan besar anatar kaki kanan serta kaki kiri, karena itu untuk kenyamanan optimal pilih sepatu dengan ukuran kaki yang paling besar, yakni saat malam/sore hari.

Nah saya anggap itu beberapa panduan dalam pilih/beli sepatu running yang baik serta nyaman untuk Kamu. Memang mungkin tidak dapat semua dapat Kamu aplikasikan waktu beli sepatu, tetapi saya berharap dapat jadi rujukan untuk Kamu dalam pilih sepatu running yang betul-betul baik hingga mendukung perform lari Kamu untuk memperoleh hasil yang maksimal. Diakhir artikel saya berikan contoh untuk lebih mengerti panduan pilih sepatu lari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar