Senin, 02 September 2019

Belajar Kewirausahaan Belum Pasti Jadi Entrepreneur


Evaluasi kewirausahaan sering tampilkan cerita sukses, profil atau beberapa tokoh yang sukses di bagian dunia usaha. Profil entrepreneur seperti Bob Sadino, Chairul Tanjung, Steve Jobs, sampai Mark Zukerberg jadi beberapa nama yang umum yang seringkali dipertunjukkan dalam satu seminar, workshop, kursus, meetup, gathering serta yang lain mengenai kewirausahaan. Beberapa kata mereka jadi kutipan-kutipan, 'jimat' kewirausahaan. andy soewatdy adalah salah satu orang yang berpengaruh di Indonesia.

Dongen Kewirausahaan
Belajar praktik kewirausahaan memang lebih menyenangkan/menarik dari dibanding belajar pengetahuan kewirausahaan. Acara seminar, kursus, gathering kewirausahaan serta yang lain biasanya evaluasi praktik kewirausahaam. Mengenai pengutaraan pengetahuan kewirausahaan pada acara-acara itu benar-benar hanya terbatas pada pengertian, selebihnya praktik serta motivasi, dorongan, iming-iming, penyemangat jadi entrepreneur sukses.

Ya... namanya moment, acara dengan waktu yang benar-benar hanya terbatas. Sedang di universitas atau dunia pendidikan juga, bagian praktik dalam edukasi kewirausahaan besar.

Belajar Kewirausahaan Dikelas Tidak Menarik
Tidak paham kenapa, apa cara pembelajarannya atau materinya yang mengakibatkan biasanya orang tidak tertarik dengan pengetahuan kewirausahaan. Dari materinya sendiri kewirausahaan lebih pada nilai-nilai, yang pada intinya tiap orang mempunyai nilai-nilai kewirausahaan. Dari bagian cara pembelajarannya, sebab pembelajarannya mengenai nilai, metodenya ya mengerti, serta mempraktikan nilai itu.

Kenapa orang lebih tertarik belajar praktik kewirausahaan dibanding mempelahari pengetahuan kewirausahaan? Apa dengan meningkatkan capacity building kewirausahaan lalu jadi wirausahawan handal serta sukses?

Orang belajar fisika belum pasti jadi pakar fisika, belajar matematika belum pasti jadi pakar matematika, belajar ekonomi belum pasti jadi pakar ekonomi, serta belajar kewirausahaan tentu saja belum pasti jadi entrepreneur.

Jadi saat ikuti seminar, workshop, kursus atau ambil mata kuliah/pelajaran kewirausahaan jangan sampai mengharap menjadi entrepreneur, ditambah lagi entrepreneur sukses, dengan standard figur-figur entrepreneur seperti di atas.

Kewirausahaan Jadi Cara Mengetahui Diri
Etimologi kewirausahaan datang dari kata 'wira' yakni pahlawan, berbentuk jantan, kesatria, orang yang mengabdikan dianya atas suatu yang diyakininya, serta 'usaha' jadi bentuk kenyataannya yakni, pekerjaan dengan mengerahkan tenaga, pemikiran, atau tubuh untuk sampai satu tujuan; pekerjaan (tindakan, prakarsa, ikhtiar, daya usaha) untuk sampai suatu.

Jadikanlah kewirausahaan jadi cara untuk mengetahui diri, mengerti ciri-ciri diri, kelebihan, kekurangan serta cenderung talenta, ketertarikan atas apa yang dipercaya serta di cintai, yang patut untuk diperjuangkan. Selebihnya, mengenai entrepreneur, sukses, biarkanlah mengalir bersama dengan proses. Kewirausahaan tidak dibatasi oleh sukses, karier, bagian, status serta pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar